Adakah Tahun Baru?

tahun-tumbuh

Hari ini merupakan hari pertama untuk tahun 2021. Setelah hampir setahun sebagian besar umat manusia diseluruh dunia dibuat tak berdaya dengan adanya wabah. Ada jutaan orang yang harus kehilangan pekerjaannya, namun ada juga segelintir orang yang pundi kekayaannya semakin bertambah. Ada yang harus kehilangan keluarga terdekat, namun ada juga kelahiran baru.

Itulah kehidupan dimana meski awalnya nampak tak beraturan, namun sejatunya ada keteraturan yang saling berkaitan. Maka tak semestinya berpikir jika dunia sedang baik-baik saja, semakin kita berjalan kedepan ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Perkembangan teknologi bisa saja terlalu cepat dibanding dengan kesiapan manusia untuk mengelolanya.

Beranjak dari tahun sebelumnya, sudah seharusnya lebih banyak bersyukur atas karunia yang Allah berikan. Nikmat yang paling besar adalah masih diberikan kesehatan dan juga kesempatan untuk terus berkarya. Ada pencapaian yang bisa diraih pada tahun lalu. Pada tahun ini dan seterusnya, semoga manusia selalu berpikir lebih panjang bukan soal setengah dasawarsa yang melelahkan. Sudahkah kita merasa puas untuk bisa menunjukkan kebenaran masing-masing? Tanpa pernah bertanya apakah benar yang kita cari itu kesejatian.

Kehidupan pada akhirnya akan terus berputar. Manusia hanya salah satu dari milyaran makhluk hidup lainnya yang sama-sama menuju pada putaran yang satu. Semoga akan ada penerus kehidupan yang memiliki kemampuan multidimensi untuk memangku peradaban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *