Upaya Meningkatkan Produktivitas Kerja

Pada awal bulan aku coba untuk membiasakan beberapa kegiatan yang lebih produktif. Mulai dari mengikuti kelas Supply Chain Management hingga menghadiri beberapa webinar yang diselenggarakan berbagai pihak. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan produktivitas pada kehidupan sehari-hari. Setiap harinya aku coba untuk membuat to do list mengenai aktivitas yang akan kau lakukan pada hari itu. Ada juga beberapa aktivitas yang bersifat berulang seperti: membaca berita dan juga belajar hal baru.

Pada awalnya motivasi untuk selalu tumbuh itu sangat tingga, namun dalam perjalanan ternyata bukanlah hal yang mudah untuk mempertahankan kebiasaan yang sudah aku rencanakan sebelumnya. Ada saja gangguan yang membuat daftar agenda yang telah dirancang tidak bisa berjalan dengan lancar. Ditiap harinya terdapat check list yang digunakan untuk mengevaluasi diri sendiri apakah aku tumbuh ditiap harinya (1%) atau tidak. Dari satu minggu yang telah dijalani, ternyata hanya ada 2 hari dimana merasa tumbuh. Disisanya banyak waktu habis untuk berbagai kegiatan yang bersifat rutinitas seperti bekerja, terlalu sibuk dengan gadget dan hal mengganggu lainnya.

Menjadi manusia yang dikatakan zaman modern ini membuat waktu yang dimiliki terasa sangat terbatas. Waktu bagaikan sumberdaya paling langka karena kita tidak punya kuasa untuk mengembalikannya atau mengulangnya. Penggunaan yang berbeda pada tiap individu menghasikan hal yang pastinya sangat bervariasi.

Ada juga tulisan yang menunjukkan bahwa jumlah jam kerja tidak berbanding lurus dengan produktivitas. Negara dengan produktivitas tinggi justru memiliki jam kerja yang lebih pendek. Negara yang dikategorikan maju seperti Korea Selatan dan Jepang memiliki jumlah jam kerja yang lebih panjang dibanding negara-negara di Eropa. Upaya peningkatan produktivitas kerja pada level individu jika diakumulasikan akan berdampak besar bagi tumbuh kembangnya perekonomian suatu negara.

Sangat penting sebagai usaha untuk meningkatkan produktivitas agar terus mencoba dan belajar hal-hal baru. Prinsip continous improvement dan juga memiliki growth mindset haruslah dimiliki tiap individu yang ingin untuk terus maju. Kemudahan akses yang ada saat ini bukan lagi menjadi halangan untuk terus mengupgrade pengetahuan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *