Apakah Kemiskinan Itu harus ada?

Jika menengok jumlah penduduk di Indonesia yang sudah menembus angka 270 Juta jiwa. Jumlah yang sangat besar sebagai negara yang masih memiliki pendapatan perkapita dibawah 10.000 USD. Prediksi akan adanya bonus demografi di akhir 2030 bisa menjadi mimpi buruk bagi kita sebagai bangsa. Akan menjadi bencara jika bonus demografi ini tidak benar-benar dimanfaatkan dengan tepat.

Ada hal yang menarik mengenai bagaimana kelas ekonomi seseorang akan cenderung sulit untuk berubah. Seringkali kita temui akses pendidikan yang terbatas menyebabkan seseorang mempunyai keterbatasan untuk membuka peluang yang ada. Ditambah lagi tingkat fasilitas kesehatan yang kurang memadai juga menyebabkan tingkat kualitas hidup seseorang menjadi rentan.

Model ekonomi yang seringkali diucapkan para cerdik cendikia dengan apa yang disebut trickle down effect tidak juga bisa menjawab masalah kemiskinan. Yang ada justru modal lebih banyak berputar pada golongan tertentu saja. Penguasaan lahan-lahan produksi dan juga sumber daya alam hanya menjadikan jurang pemisah itu semakin lebar.

Diperlukan suatu model ekonomi yang lebih mengedepankan kesetaraan dan juga keberlanjutan agar proporsi ekonomi itu bisa dinikmati oleh semua. Menjadi negeri yang makmur tentu menjadi harapan besar bagi sebagian besar masyarakat.

Kemiskinan itu mungkin akan selalu ada, namun jangan sampai kemiskinan itu berjalan secara sistematis sehingga orang lain tidak punya kesempatan yang setara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *